All about Flashing and Smartphone


Solusi Android Bootloop File System Error

Revo Flasher - Solusi Android Bootloop File System Error , Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System , Mungkin akan lebih mudah persoalannya bila error / bootloop yang terjadi bukan karena kesalahan system melainkan kesalahan konfigurasi. Misalnya salah install font Android menggunakan Font Changer. Tinggal di wipe melalui recovery atau CWM Recovery insya allah semuanya cepat terselesaikan karena yang salah hanyalah konfigurasinya saja. Tapi lain urusan bila yang rusak itu file system. Biarpun di wipe tidak mungkin sembuh karena kerusakan file system biasanya terjadi karena kesalahan value didalam suatu file.

Salah satu cara yang paling mudah untuk memperbaiki masalah ini yaitu install ulang ROM. Namun ada tapi nya lagi. Kasusnya lumayan ribet juga karena selain semua aplikasi, sms, contact, dan lain-lain akan hilang (karena di wipe) cara-cara flashing ROM Android lumayan membingungkan bagi orang yang masih awam. Terlebih untuk smartphone lokal seperti Cross, Mito, Nexcom, GTab, Andromax, dan lain-lain sangat sulit untuk mendapat mentahan firmware.

Untuk kerusakan isi system, di wipe pun tidak mungkin bisa terselesaikan. Karena alasannya itu tadi. Betul? Dengan menginstall ROM baru, kemungkinan berhasil sudah tentu. Tapi akan ada beberapa persoalan yang bakalan muncul.
  1. Semua data anda akan hilang (aplikasi, sms, contact, konfigurasi). *Berlaku untuk ROM baru, bukan ROM Backupan dari CWM
  2. Android anda akan ketambahan file system yang ada didalam ROM yang baru. Aplikasi-aplikasi system yang sudah anda hapus akan kembali lagi. *Berlaku untuk ROM baru, bukan ROM Backupan dari CWM
  3. Prosesnya tidak efisien karena prinsipnya kita 'menumpuk' kesalahan-kesalahan system yang sekarang dengan ROM yang baru. Jadi bila hanya build.prop nya saja yang rusak, dengan kita menginstall ROM yang baru maka semuanya akan di re-generasi ulang (tidak hanya build.prop nya)
Untuk memudahkan itu semua, saya mengambil jalan pintas. Prinsipnya memang sama yaitu menumpuk file lama dengan file yang baru misal bila build.prop lama rusak kita ganti dengan build.prop yang normal yang kita miliki. Jadi hanya satu file itu saja yang diganti, tidak secara keseluruhan dan tentunya ini tanpa wipe data / factory reset.

Memperkenalkan, Simple Flashable Restore V1.

Simple Flashable Restore V1 adalah flashable zip yang saya buat guna memudahkan kita dalam me-restore file system.

Memang ini sepele tapi ini amat sangat membantu :p

Cara kerjanya tinggal di flash saja seperti biasa lewat CWM Recovery dengan sedikit instruksi yang harus anda baca.

Step by Step Menggunakan Simple Flashable Restore V1
  • Sebelum anda melakukan flashing Simple Flashable Restore V1, persiapkan dulu sebuah file yang masih fresh dan tidak rusak. Misal di Android anda yang rusak itu framework-res.apk nya, persiapkan framework-res.apk yang masih normal. Lantas darimana kita mendapatkannya? Itu sesuka-suka anda. Bila anda memiliki file backupannya, bisa digunakan. Atau kalau custom ROM lah yang sedang anda pakai juga lebih mudah lagi. Tinggal ambil framework-res.apk nya dari instalan custom ROM tersebut lalu copy. Atau kalau perlu minta lah framework-res.apk ke teman anda :p
  • Download  Simple Flashable Restore V1 disini
  • Ekstrak semua isinya (folder META-INF dan system) kedalam komputer lalu buka folder system nya
Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System
  • Didalam folder system, akan anda lihat folder-folder dasar yang mungkin familiar bagi anda. Selanjutnya masuk kan file yang akan anda inject sesuai dengan tempatnya, kalau file aplikasi di folder app, kalau framework-res.apk di folder framework, sesuaikan dengan yang anda butuhkan.
Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System

Sebagai contoh saja, katakan Android saya tidak bisa booting karena Boot Animation nya rusak. Maka saya harus menggantinya dengan yang baru. Jadi saya harus memasukkan bootanimation.zip kedalam folder media.

Tapi saya juga ingin menginject suatu aplikasi ke folder app. Namanya CacheMate.

Ya sudah caranya tinggal copy seperti biasa saja kedalam foldernya. Tidak perlu rubah permissions apapun karena sudah diatur oleh binary.

Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System

Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System


  • Selesai, sekarang jadikan zip kedua folder tadi (META-INF dan system) memakai WinRAR atau 7ZIP atau software compressor yang lain. Terserah mau anda kasih nama apa.
Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System

Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System
  • Terakhir, eksekusi menggunakan CWM Recovery. Saya memakai CWM versi 6.0.3.2 berhasil
 Hasilnya sebagai berikut :

Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System
Sebelum inject CacheMate melalui CWM Recovery

Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System
Sesudah inject CacheMate melalui CWM Recovery

Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System
CacheMate.apk di folder /system/app/
Jadi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi bila anda salah mengedit suatu file didalam system. Tinggal inject menggunakan Simple Flashable Restore V1 maka semuanya akan kembali normal.

Yang terpenting sebelum anda memulai kegiatan modding, pastikan anda sudah memiliki backupan (apapun itu) untuk menghindari hal yang tidak anda ingini.

Dan satu lagi. Gunakan flashable zip diatas dengan bijak. Masukan positif dari anda sangat saya tunggu.

Happy modding..

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

Solusi Android Bootloop File System Error Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Barbie cute

0 komentar:

Post a Comment